Rabu, 02 Maret 2016

Foodie #4 Resep Simple Membuat Pizza

Assalamualaikum.....
Waaaaaks.... sebenarnya antri ini resep yang mau aku post, cuma gimana yaaa... ada beberapa hal yang menghalangi... hahahaa *ngeles
Dan berhubung sekarang lagi free, jadi yaaa kesempatan sih...

Kali ini resep pizza nih yang mau aku share. Pizza soooo simple ini mungkin bisa sedikit membantu kalian untuk bereksperimen juga membuat pizza hahahaa...
Atau mungkin untuk kalian yang pengen makan pizza tapi kantong tipis? Atau kalian yang memang bener bener pengen bikin dengan tangan kalian sendiri, dengan hasil karya kalian sendiri itu mungkin lebih memuaskan..

Well... di sini aku share resep dough dengan hasil yang aku mau, yaitu agak crispy diluar tapi empuk di dalam. Enggak keras gitu. Soalnya ada kan resep yang memang menghasilkan kulit yang keras krispy. Tapi yang pernah aku bikin tuh jadi keras banget menurutku 😂😂 *gagal
Sebenarnya karena aku belum pernah makan pizza, jangan ga percaya yaaak karena sueeeerr deh... aku baru makan bikinanku sendiri hihihiii... soalnya aku tinggal di kota kecil sih. Jadi yang jual di sini juga tidak menarik perhatianku *atau bisa jadi akunya yang kudet 😄😄😄. Jadi akhirnya bikin sendiri dengan selera sendiri... udah aaah kebanyakan ngoceh nih...

Let's check...

Bahan dough;

♡ 1 butir telur
♡ 300 gram tepung terigu
♡ 1 sdt fermipan (ragi instant)
♡ 1 sdm mentega
♡ 1 sdm gula pasir
♡ 1 sdt garam
♡ Air es secukupnya

Bahan topping;

♡ 1-2 sosis ayam, potong sesuai selera (aku pakai so nice)

♡ Bawang bombay secukupnya, potong melingkar

♡ 1 butir tomat, buang bijinya, potong melingkar

♡ 3 sdm mayonaise (aku masukkan ke dalam plastik kecil agar lebih mudah mengaplikasikannya dengan memotong ujung bawah plastik)

♡ 5 sdm saus tomat (aku pakai saus tomat buatanku yang bisa kalian check di foodie #2)

♡ Keju cheddar secukupnya, parut

♡ Keju quick melt secukupnya, parut (aku pakai kraft)

Cara membuat;

1. Masukkan telur, gula, fermipan, mentega dan sedikit terigu. Diamkan beberapa menit. Masukkan garam. Mixer menggunakan stick spiral.

2. Masukkan terigu sampai adonan kalis. Jika kurang lembut bisa tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika terlalu lembek tambahkan terigu.

3. Jika sudah kalis, masukkan ke dalam plastik. Ikat ujungnya, masukkan kulkas hingga mengembang. Biasanya aku bikin dough malam hari, jadi keesokan harinya tinggal mengeluarkannya dan diamkan sampai suhu ruang. Baru kemudian diolah.

4. Taburi alas/meja dan dough dengan terigu. Pipihkan rata. Lipat tepinya. Tempatkan dalam loyang. (Bisa langsung diratakan dalam loyang)

5. Oleskan rata saus tomat. Atur potongan sosis, parutan keju cheddar, bawang bombay, dan tomat.

6. Panggang dengan api kecil.

7. Setelah hampir matang keluarkan, taburkan keju quick melt dan hias dengan mayonaise. Panggang hingga matang.

8. Setelah matang, angkat dan siap dihidangkan.

Resep ini biasanya aku gunakan 200 gram untuk tiap porsinya (adonan yang telah mengembang). Jadi bisa untuk 2 porsi.
Yang mini pizzanya (foto kedua) aku pakai 40 gram adonan saja.

Nhaaaah.... gimana... mudah bukan?
Mau mencoba??
Semoga bermanfaat....

Assalamualaikum....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar