Rabu, 15 Februari 2017

Tips Merawat Kaos Kaki


Tips Melipat dan Menyimpan Kaos Kaki

Write By: adminsokaPublished In:Created Date: 2016-07-13Hits: 2002Comment: 0

 

 

Kaos kaki tertukar atau hilang sebelah memang menyebalkan. Perlu tips melipat dan menyimpan kaos kaki agar koleksi kaos kaki kamu tidak mudah rusak dan hilang.

Pernah mengalami hal ini?

 

Sumber Gambar: Meme Center

 

Isi lemari dan laci sudah diperiksa di semua bagian, tapi tetap tidak menemukan kaos kaki yang kamu perlukan.  Kaos kaki hilang sebelah, kaos kaki rusak, kaos kaki warnanya pudar, kaos kaki melar, atau kaos kaki tertukar dengan anggota keluarga lain, seringkali terjadi saat kamu membutuhkannya dengan segera. Mengapa bisa demikian? Mungkin saja hal tersebut karena kamu tidak merawat, mencuci, dan menyimpannya dengan benar.

Berikut cara dan tips melipat kaos kaki dan bagaimana menyimpannya dengan baik agar koleksi kaos kaki kamu terawat dan awet. Proses sebelum kaos kaki dicuci, setelah dicuci, ketika dijemur, cara melipatnya, dan tempat kamu menyimpan kaos kakimu perlu diperhatikan dengan baik.

Mari kita runutkan prosesnya satu per satu.

 

Sumber Gambar: www.science20.com

 

Penyimpanan Kaos Kaki Sebelum Dicuci

Kaos kaki yang kotor,  sebaiknya dipisahkan dengan pakaian kotor lainnya agar tidak terselip saat proses pencucian. Simpan kaos kaki di tempat cucian kotor terpisah. Kamu bisa buat sendiri tempatnya. Tidak perlu besar seperti tempat cucian pakaian kotor lainnya. Cukup pilih atau buat ukuran paling kecil saja.

Ini hal dasar, tapi sangat berpengaruh. Kaos kaki salah satu fashion item berukuran kecil, sehingga mudah terselip di antara pakaian lainnya atau terbuang. Tempat penyimpanan kaos kaki yang terpisah, bisa jadi solusi untuk hal ini.

 

Perlakuan Ketika Mencuci Kaos Kaki

Apa kaos kaki favoritmu? Sama jenisnya dengan kaos kaki adik atau kakakmu? Setiap anggota keluarga memiliki jenis kaos kaki masing-masing, tetapi ada juga kaos kaki yang jenisnya sama atau berwarna dan bermotif sama. Untuk menghindari resiko kaos kaki tertukar antara satu pasangan dengan pasangan kaos kaki lainnya, yang perlu dilakukan adalah tidak memisahkannya saat proses cuci dan jemur.

Terlebih lagi kaos kaki bayi yang ukurannya sangat kecil. Kaos kaki jadi rawan tersempil atau terbuang karena hanyut terbawa air bekas cucian. Cara mencuci kaos kaki paling baik adalah mencucinya dengan tangan. Ini yang mungkin akan terjadi jika kamu mencuci kaos kakimu dengan mesin cuci.

 

Sumber Gambar: www.redsnapperverytasty.com

 

Clip masing-masing pasangan kaos kaki ketika direndam. Cucilah kaos kaki dengan cara dikucek langsung menggunakan tangan. Sebaiknya kaos kaki tidak dicuci dengan mesin cuci atau disikat, karena beresiko kaos kaki jadi melar dan berbulu. Jika hendak mencucinya dengan mesin, gunakan putaran yang rendah. Gunakan air suhu normal dan detergen lembut untuk mencuci kaos kaki.

 

 

Perlakuan Saat Menjemur Kaos Kaki

Setelah dicuci, clip kembali pasangan kaos kaki tersebut untuk dijemur bersama-sama. Clip yang digunakan untuk menjemur kaos kaki bisa menggunakan clip jemuran biasa atau peniti untuk menyatukan masing-masing pasangan kaos kaki. Hal ini untuk mencegah kaos kaki hilang atau jatuh oleh angin atau tertukar dengan pasangan kaos kaki lainnya yang memiliki warna atau motif yang sama.

 

 

Tips Melipat dan Menyimpan Kaos Kaki  

Ada beberapa cara melipat kaos kaki yang bisa kamu coba. Langkahnya sangat mudah, tetapi dampaknya akan sangat baik untuk kaos kakimu. Kaos kaki tidak akan tercecer, terselip, atau hilang sebelah. Melipat, menyusun, dan menyimpan kaos kaki berdasarkan warna bisa memudahkan kamu ketika mencarinya dalam keadaan terburu-buru, SOKA Lovers.

 

Style 1 Model Gulung

 

 

Langkah-langkah melipat kaos kaki model gulung:

Susun sepasang kaos kaki dengan arah yang sama.

Gulung kaos kaki dari bagian ujung jari hingga bagian karet kaos kaki dengan rapi.

Simpan atau susun di laci/box kaos kaki berdasarkan warna atau jenis bahan kaos kaki.

 

Style 2 Model Ala Militer

 

 

Langkah-langkah melipat kaos kaki model gulung ala militer:

Susun atas bawah sepasang kaos kaki dengan arah yang sama.

Gulung kaos kaki yang disusun di bagian atas dimulai dari bagian karetnya.

Gulung hingga bagian ujung kaki kaos kaki di bawahnya.

Satukan gulungan kaos kaki bagian atas dengan ujung kaos kaki bagian bawah.

Gulung kembali bersama-sama hingga mendekati bagian karet kaos kaki bagian bawah.

Selipkan gulungan kaos kaki tersebut ke dalam kaos kaki.

Rapikan.

Simpan di laci atau box dengan rapi.

 

Style 3 Model Lipat Simple

 

 

Langkah-langkah melipat kaos kaki model lipat simple:

Susun sepasang kaos kaki dengan arah yang sama.

Lipat kaos kaki dari ujung hingga ke ujung lainnya dengan lipatan yang sama.

Simpan dengan cara ditumpuk bersama kaos kaki lainnya. Susun berdasarkan kategori warna kaos kaki atau bahan kaos kaki.

 

Style 4 Model Lipat Rapi

 

 

Langkah-langkah melipat kaos kaki model lipat rapi:

Tumpuk kedua belah kaos kaki dengan sisi yang sama.

Lipat dari bagian ujung jari kaos kaki hingga ke bagian karetnya.

Selipkan ujung kaos kaki dengan ujung lainnya dengan rapi.

Simpan dengan cara disusun di laci bersama kaos kaki lainnya yang sudah dilipat.

 

Style 5 Model Lipat Silang

 

 

Langkah-langkah melipat kaos kaki model lipat silang:

Silangkan satu kaos kaki dengan pasangan kaos kakinya.

Lipat kaos kaki yang dibagian bawah hingga mendapat lipatan sesuai lebar kaos kaki bagian atas.

Selipkan ujung kaos kaki yang sudah dilipat.

Lipat kaos kaki bagian atas seperti lipatan kaos kaki yang tadi.

Selipkan ujungnya agar terlipat rapi.

Simpan dengan cara ditumpuk atau disusun dengan kaos kaki yang sudah dilipat lainnya.

 

Tips Jika Kaos Kaki Terlanjur Hilang Sebelah

Buat Gantungan untuk Kaos Kaki yang Hilang

Kaos kaki yang hilang sebelah, jangan langsung dibuang, simpan di board style, siapa tahu pasangannya bisa ditemukan lagi nanti. Sehingga, ketika kamu suatu hari nanti menemukan pasangan kaos kaki yang terselip, tidak akan menemukan kaos kaki pasangannya. Dengan mudah, kamu bisa mengambilnya di wadah kaos kaki hilang. Digantung juga boleh untuk penyimpanannya.

Buat kreasi yang lucu agar kaos kaki yang digantung tidak terlihat mengganggu pandanganmu atau dekorasi interior ruangan rumahmu.

 

 

Jika ternyata pasangan kaos kaki tak kunjung ditemukan, atau sedikit rusak jangan pula langsung dibuang, ya SOKA Lovers. Kamu bisa menjadikannya sebagai kerajinan tangan yang lucu. Banyak kreasi yang bisa dilakukan dari kaos kaki yang sudah tidak terpakai.

 

Reuse Kaos Kaki Hilang Sebelah Jadi Craft

Kaos kaki yang sudah tidak terpakai dapat kamu jadikan barang lain yang berguna atau lucu. Misalnya sebagai lap, dibuat boneka kain mini, ikat rambu untuk sanggul, atau jika motifnya lucu bisa dijadikan hiasan vas bunga diruanganmu. Kamu bisa lihat inspirasi untuk reuse kaos kaki di sini.

 

 

Cara Menyimpan Kaos Kaki

Penyimpanan kaos kaki dapat dilakukan dalam laci, box, rak gantung, atau rak khusus kaos kaki. Di samping tempat penyimpanannya, kamu pun harus memerhatikan tips-tips berikut agar kaos kakimu tidak tercecer atau hilang sebelah.

 

Tips

Lipat atau gulung kaos kaki disesuaikan dengan jenis laci atau tempat penyimpanannya.

Lakukan penyusunan kaos kaki berdasarkan bahan, warna, pemilik kaos kaki, atau ukuran untuk memudahkan saat ingin dipakai.

Lakukan teknik dot (titik) atau penamaan pada setiap pasang kaos kaki agar tidak saling tertukar dengan anggota keluarga lain.

Clip setiap pasang kaos kaki dengan pin, clip, karet, sebelum disimpan agar tidak terpisah pasangannya (untuk kaos kaki yang tidak dilipat).

 

 

Koleksi kaos kaki yang kamu punya tidak akan lagi hilang sebelah jika kamu dapat merawatnya dengan baik. Salah satunya dengan tahu tips dan trik cara mencuci, cara menjemur, cara melipat, dan cara menyimpan kaos kaki. Jika kaos kakimu terlanjur hilang sebelah, jangan khawatir. Ada tipsnya juga untuk mengkreasikannya menjadikannya barang daur ulang.

Jaga koleksi kaos kakimu dengan baik ya, SOKA Lovers.
































 

 







 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar